Tutorial Surat Pernyataan Beraterai Tidak Enuntut diangkat menjadi Pegawai ASN

Pengertian Surat Pernyataan Beraterai



Surat pernyataan beraterai adalah surat yang berisi pernyataan dari seseorang yang telah dibuktikan dengan stempel beraterai. Pemakaian stempel beraterai ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi pihak yang membuat surat pernyataan tersebut.


Keperluan Surat Pernyataan Beraterai Tidak Enuntut diangkat menjadi Pegawai ASN



Surat pernyataan beraterai dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah untuk mengajukan diri menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon ASN, salah satunya adalah tidak pernah mengundurkan diri sebagai pegawai negeri.
Jika Anda pernah mengundurkan diri sebagai pegawai negeri, namun ingin kembali menjadi ASN, maka Anda perlu membuat surat pernyataan beraterai sebagai bentuk bukti bahwa Anda tidak akan mengundurkan diri lagi.


Cara Membuat Surat Pernyataan Beraterai Tidak Enuntut diangkat menjadi Pegawai ASN



Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat surat pernyataan beraterai tidak enuntut diangkat menjadi Pegawai ASN:
1. Siapkan kertas bergaris dan pulpen hitam.
2. Buatlah kop surat dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap serta nomor telepon di bagian atas kertas.
3. Beri judul surat dengan "Surat Pernyataan Beraterai".
4. Tuliskan kalimat pernyataan bahwa Anda tidak akan mengundurkan diri sebagai pegawai negeri lagi.
5. Jelaskan alasan mengapa Anda ingin kembali menjadi ASN.
6. Sertakan informasi mengenai riwayat karir Anda sebagai pegawai negeri.
7. Tandatangani surat pernyataan di depan notaris atau pejabat yang berwenang.
8. Sertakan stempel beraterai pada surat pernyataan.
9. Simpan salinan surat pernyataan beraterai untuk keperluan Anda sendiri.


Contoh Surat Pernyataan Beraterai Tidak Enuntut diangkat menjadi Pegawai ASN



Berikut adalah contoh surat pernyataan beraterai tidak enuntut diangkat menjadi Pegawai ASN:
Kepada Yth.
Kepala Badan Kepegawaian Negara
di tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : John Doe
Pangkat : Penata Muda
NIP : 1234567890
Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak akan mengundurkan diri sebagai pegawai negeri lagi. Saya juga menyatakan bahwa saya ingin kembali menjadi ASN karena saya merasa memiliki kemampuan dan potensi untuk mengembangkan karir saya sebagai pegawai negeri.
Sebelumnya, saya pernah mengundurkan diri dari jabatan sebagai pegawai negeri di Badan Kepegawaian Negara. Namun, saya telah belajar dari pengalaman tersebut dan siap untuk kembali menjadi ASN dengan penuh tanggung jawab.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya siap menanggung segala akibat yang timbul jika saya melanggar pernyataan ini.
Hormat saya,
[Tempat, Tanggal]
[TTD]
John Doe


Kesimpulan



Membuat surat pernyataan beraterai tidak enuntut diangkat menjadi Pegawai ASN merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon ASN yang pernah mengundurkan diri sebagai pegawai negeri. Dalam membuat surat pernyataan beraterai, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti format surat, isi surat, dan cara membuatnya. Dengan membuat surat pernyataan beraterai, Anda dapat membuktikan bahwa Anda siap untuk kembali menjadi ASN dengan penuh tanggung jawab.

close